Amp en Blogger

JANGAN LUPA MEMULAI SESUATU YANG BAIK DENGAN BASMALAH

Advertisemen 300x250

Satu kalimat yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh seorang muslim sebelum melakukan suatu yang baik dan penting adalah : Bismillah ataupun lengkapnya Bismillahir Rahmanir Rahim. 

Diantara sandarannya adalah : 

Pertama : Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bismillahirrahmanir rahiim, amalan tersebut terputus berkahnya. (H.R al Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam al Arba’in dan as Subki dalam Tabaqathnya)

Kedua : Rasulullah bersabda :“Yaa Ghulam, sammillaha, wa kul biyamiinika, wakul min maa yaliik.”  Wahai anak. Sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kanan, dan makanlah makanan yang ada di dekatmu.(H.R Abu Dawud dan al Hakim). 

Ketiga : Syaikh al Munajjid berkata : Bahwa Allah Ta’ala memulai kitab suci Al-Qur an dengan Bismillahir Rahmanir Rahim. Begitu pula Nabi Sulaiman ‘alaihis salam menulis surat pada penguasa Saba’ dengan bismillah sebagaimana disebutkan dalam firman Allah :

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Sesungguhnya (surat) itu, dari SuIaiman yang isinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih.  Maha Penyayang. (Q.S an Naml 30)

Keempat : Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memulai suratnya kepada Heraklius Raja Romawi dengan bismillah.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، مِنْ مُحَمَّدٍ عَبْدِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى هِرَقْلَ عَظِيمِ الرُّومِ: سَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الهُدَى، أَمَّا بَعْدُ، 

Bismillahir rahmanir rahiim. Dari Muhammad, hamba Allah dan utusan-Nya.
Kepada : Heraklius, raja Romawi.

Keselamatan bagi yang mengikuti petunjuk, Amma Ba’du.

Kelima : Jumhur ulama tetap menganjurkan membaca bismillah untuk perkara yang penting. (Fatawa al Islam, Sual wa Jawab, no. 146079)

Sungguh membaca basmalah sebelum melakukan sesuatu, diantaranya adalah sebagai bukti atau pernyataan kita kepada Allah Ta’ala bahwa kita lemah. Kita wajib tunduk dan bergantung kepada Allah Ta’ala serta menyadari tak ada yang bisa kita lakukan tanpa pertolongan Allah Ta’ala.

لا حول ولا قوة إلا بالله

Tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah Ta’ala.

Oleh karena itu maka seorang hamba haruslah terus menerus melazimkan dirinya untuk membaca basmalah pada setiap memulai sesuatu perbuatan baik. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua . Wallahu A’lam.
Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments