SHALAT SHUBUH DAN KEUTAMAANNYA YANG SANGAT BANYAK



Shalat shubuh termasuk shalat yang agak berat untuk dilakukan sebagian orang pada waktunya. Mungkin karena waktu pelaksanaannya adalah ketika manusia masih ingin meneruskan tidurnya.

Bagi orang munafik ternyata ada dua shalat  yang sangat berat untuk mereka lakukan, yaitu shalat shubuh dan shalat isya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا في العَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوَاً

Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada shala Isya’ dan shalat Shubuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak. (H.R Imam  Bukhari no. 615 dan Imam Muslim no. 437)

Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَيْسَ صَلاَةٌ أثْقَلَ عَلَى المُنَافِقِينَ مِنْ صَلاَةِ الفَجْرِ وَالعِشَاءِ ، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْواً

Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak. (H.R Imam Bukhari no. 657).

Sungguh seorang hamba yang mendirikan shalat shubuh akan mendapati banyak sekali keutamaannya sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah, diantaranya adalah :

Pertama : Salah satu penyebab masuk surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda : 

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan shalat ‘ashar) maka dia akan masuk surga.” (H.R Imam Bukhari no. 574 dan Imam Muslim no. 635)

Kedua : Salah satu penghalang masuk neraka
 
Yaitu sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
  
لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Sungguh tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ‘ashar). (H.R Imam Muslim no. 634)

Ketiga :  Berada di dalam jaminan Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”(H.R Imam Muslim no. 163)
 
Keempat :  Dihitung seperti shalat semalam penuh
  
Tidaklah ada seorang hamba pada saat ini yang mampu mendirikan shalat semalam penuh apalagi dilakukan tiap hari. Tapi dengan kasih sayang-Nya Allah Ta’ala memberikan pahala shalat semalam penuh bagi hambaNya yang melaksanakan shalat shubuh. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya. (H.R Imam Muslim no. 656)

Kelima : Disaksikan para malaikat.

Salah satu keistimewaan pula pada shalat shubuh yaitu disaksikan oleh siang dan malaikat malam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammenjelaskan hal ini dalam sabda beliau : 

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (H.R Imam  Bukhari no. 137 dan Imam Muslim no.632)

Hadits ini juga semakna dengan firman Allah dalam surat al Isra’ 78 sebagaimana telah disebutkan diatas. Allah berfirman : 

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Laksanakanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam  dan (laksanakan pula shalat) shubuh. Sungguh shalat shubuh itu disaksikan (malaikat).

Itulah sebagian keutamaan shalat shubuh. Semoga keutamaan  itu bisa menjadi pendorong bagi orang orang beriman untuk menjaga shalat ini baik waktunya, cara pelaksanaannya serta tempatnya yaitu di masjid bagi kaum laki laki.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam.

0 Response to "SHALAT SHUBUH DAN KEUTAMAANNYA YANG SANGAT BANYAK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel