Anjuran Banyak Berdo'a Ketika Bersujud


Sungguh Allah Ta’ala telah memberi nikmat yang banyak kepada kita. Tak terhitung jenis dan jumlahnya. Namun demikian dengan kasih sayang-Nya Allah Ta’ala menyuruh orang orang beriman untuk meminta lagi segala sesuatu kebaikan yang dibutuhkannya yaitu melalui doa. 

Allah berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan  bagimu. (Q.S al Mu’min 60)

Ketahuilah bahwa sangatlah banyak kesempatan atau saat saat bagi seorang hamba  untuk berdoa yang doanya menjadi lebih mudah diijabah Allah Ta’ala. Diantaranya adalah berdoa  pada saat sujud dalam shalatnya.
Rasulullah bersabda : 

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah doa ketika itu. (H.R Imam Muslim, 482).

Hadits yang mulia ini menunjukkan besarnya keutamaan dan tingginya kedudukan sujud dalam shalat serta keutamaan  memperbanyak doa di dalamnya karena waktu sujud adalah yang dijanjikan pengabulan doa padanya. (Syarah Shahih Muslim).

Imam Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad menyebutkan bahwa karena keutamaan ini maka Rasulullah paling sering dan paling banyak berdoa pada waktu sujud dalam shalat beliau.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami ketika berdoa dalam sujud ketika shalat, diantaranya :

(1) Memperbanyak sujud dalam shalat dilakukan setelah membaca dzikir atau bacaan yang khusus ketika sujud karena ini merupakan kewajiban dalam shalat. (Majmu’ Fatawa Syaikh Utsaimin). 

(2) KEUTAMAAN (BERDOA KETIKA SUJUD) YANG DISEBUTKAN DALAM HADITS INI  BERLAKU UNTUK SEMUA SUJUD DALAM SHALAT DAN TIDAK HANYA PADA SUJUD TERAKHIR SAJA SEBAGAI MANA YANG DISANGKA DAN DIAMALKAN OLEH SEBAGIAN KAUM MUSLIMIN (Syarah Shahih Muslim). 

Jadi membaca doa boleh dilakukan dalam sujud mana saja ketika shalat.  Apakah di sujud pertama. kedua, ketiga atau sujud terakhir. 

Perhatikanah bahwa hadits diatas tidak menunjukkan bahwa doa dalam sujud hanya dikhususkan pada sujud terakhir saja.Boleh di sujud yang bukan terakhir. Boleh di beberapa sujud, di setiap sujud dan tentu boleh juga di sujud terakhir.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam.

0 Response to "Anjuran Banyak Berdo'a Ketika Bersujud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel