Bitcoin Miner Gratis Terbaru



Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin ? Gratis

  • Apa Itu BitCoin ?
Banyak orang merasa Bitcoin sangat membingungkan padahal Bitcoin adalah sesuatu yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah dimengerti, tidak seperti yang Anda bayangkan. Seri pembelajaran ini bertujuan untuk membantu semua orang untuk mengerti dasar-dasar mengenai Bitcoin, dan seiring berjalannya waktu, kami akan menyediakan peluang pembelajaran untuk mereka yang ingin mengetahui lebih banyak.
Bitcoin biasanya dijelaskan dengan membandingkan Bitcoin itu sendiri dengan sesuatu yang telah kita tahu sebelumnya, namun hal ini akan membuat Anda semakin bingung. Bitcoin adalah teknologi baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya, jadi cara yang lebih baik adalah dengan melihat Bitcoin sebagai kombinasi berbagai hal berbeda yang kita tahu:
Pertama, karena Bitcoin memudahkan Anda memindahkan uang, Bitcoin adalah sistem pembayaran, sama seperti metode transfer bank atau kartu kredit, namun Bitcoin sedikit lebih baik.
Kedua, Bitcoin mirip seperti emas - inilah mengapa banyak orang menyebut Bitcoin sebagai ‘emas digital’ atau ‘Emas 2.0’. Bayangkan Bitcoin sebagai emas yang berfungsi sebagai uang, namun Bitcoin sangat mudah untuk ditransfer (dipindahtangankan).
Ketiga, Bitcoin mirip seperti internet karena tidak ada satupun orang atau entitas yang mengontrolnya, jadi siapapun dapat menggunakannya sesuai keinginan mereka. Ini adalah karakteristik yang sangat unik.
Tiga karakteristik ini mendukung satu sama lain, dan menyatu sedemikian rupa. Rincian mendalam akan kami jelaskan di bagian selanjutnya. Untuk saat ini, bayangkan apa yang terjadi jika Anda meletakkan sebuah pot besar dan melemparkan kartu kredit, sepotong emas, dan sedikit ‘internet’ ke dalamnya - menyatukan semua itu - hingga mengeluarkan sesuatu yang baru - Bitcoin!
  • Darimana Asal BitCoin ?

Bitcoin ‘diciptakan’ oleh seseorang atau sekelompok orang dengan nama ‘Satoshi Nakamoto’. Apakah ada orang yang sungguh-sungguh mengenal siapa dia? Walaupun ada banyak artikel dan investigasi untuk mencari tahu kebenaran mengenai siapa dia (atau mereka), tidak ada bukti yang cukup kuat hingga saat ini. Apakah itu penting? Tidak sama sekali. Satoshi merancang seluruh sistem Bitcoin dengan sikap ‘open manner’ - artinya kode ini tersedia untuk dilihat dan diperiksa oleh semua orang, jadi tidak ada rahasia tersembunyi, dan tidak ada pengaruh dari penciptanya. Seiring berjalannya waktu, banyak orang mulai mengerjakan kode-kode ini sehingga sangat berbeda dengan rancangan awal yang dibuat Satoshi.
Penting untuk diingat bahwa ada kesalahpahaman mengenai Satoshi yang menyebutkan bahwa Satoshi menciptakan Bitcoin sendirian. Seperti terobosan besar lainnya di ilmu pengetahuan, ciptaan Satoshi dibangun oleh tangan banyak orang. Pada beberapa dekade belakangan, banyak ahli terkemuka, teknisi, dan ahli matematika terlibat dalam penelitian mengenai cryptography, sistem, dan lainnya. Satoshi berhasil merangkum semua pekerjaan ini menjadi satu rencana koheren dan jelas lalu melakukan implementasi rencana tersebut. Jika Anda membaca Satoshi Whitepaper, Anda akan membaca referensi-referensi dari seluruh penemuan yang mendorong keberhasilannya dalam ciptaan tersebut.
  • BitCoin Sebagai Sistem Pembayaran ?

Bagaimana cara kita transfer uang ribuan tahun yang lalu, ketika kita tinggal di desa-desa kecil, tahu dan percaya satu sama lain? Kita dengan mudah melakukan barter, seperti yang kita lakukan dengan uang tunai saat ini. Namun ketika uang dipindahkan secara online, ini akan menjadi sedikit rumit. Bank dan layanan kartu kredit menyelesaikan masalah ini dengan ‘ledger system’ (‘sistem kas’) -- yang menyimpan sejarah akun dan menunjukkan siapa yang memiliki apa.
Ketika John melakukan transfer uang online dari satu orang ke orang lainnya, bank-lah yang melakukan transfer dari John ke orang lain. John tidak dapat melakukannya sendiri karena ada risiko ia melakukan kecurangan - ia dapat copy (menyalin) dan paste (menempel) uang digital (karena semua itu hanyalah angka di komputer) dan mengirimkan ke dua orang berbeda. Jadi, kita mempercayai bank untuk mengirimkan uang dan memastikan hanya satu orang yang menerima uang tersebut. Bank tersebut dapat berbuat curang, namun kita percaya mereka tidak melakukan kecurangan.
Jika transfer terjadi pada bank yang sama, hal tersebut mudah dilakukan. Namun jika bank tersebut berbeda, ini akan sedikit rumit karena mereka mungkin memiliki sistem kas yang berbeda dan perlu dicocokkan. Oleh karena itu, mereka mengenakan biaya kecil, dan biasanya transfer ini memakan sedikit waktu. Ketika bank dan sistem keuangan ini berasal dari negara yang berbeda, hal menjadi lebih rumit: bahasa, sistem, mata uang yang berbeda, serta lebih banyak orang harus melakukan koordinasi dan seterusnya, jadi biaya dan waktu transfer bertambah. Itulah mengapa sistem keuangan saat ini sangat kompleks. Sistem tersebut adalah kesemrawutan besar dari berbagai sistem kas yang ada di dunia.
Bitcoin mengubah semua itu. Dengan apa? Bitcoin adalah satu sistem kas yang melakukan sinkronisasi di seluruh internet, jadi semua orang dapat mengakses akun kas yang sama secara real time terlepas siapa dan dimana ia berada. Hasilnya? Uang dapat ditransfer dari satu pihak ke pihak lainnya tanpa keterlambatan dan biaya yang sangat tinggi. Seperti ketika uang digunakan dulunya, sebelum dunia menjadi begitu besar dan rumit.
Sistem pembayaran Bitcoin digunakan untuk apa? Jawabannya: apapun yang Anda gunakan dengan uang biasa: kirim ke teman dan keluarga - baik lokal dan luar negeri, beli barang online, terima gaji, dan sebagainya.
  • BitCoin Sebagai Emas Digital ?

ejak berabad-abad lalu, emas telah dipandang sebagai objek bernilai tinggi oleh banyak kelompok masyarakat di dunia. Penting untuk diketahui bahwa emas itu sendiri tidak memiliki nilai - emas hanyalah sebongkah batu yang berkilau. Nilai emas berasal dari fakta (yang agak membingungkan) bahwa semua orang setuju bahwa emas memiliki nilai tertentu, dan oleh karena itu emas dianggap berharga. Alasan mengapa orang-orang memilih emas daripada objek lainnya itu penting untuk dipahami - karena emas memiliki karakteristik tertentu yang menjadikannya ‘penyimpan nilai’ (store of value) yang lebih baik dari objek lainnya:
Pertama, emas bersifat langka. Artinya, jumlah emas terbatas (hanya ada sekian emas di dunia - jika terlalu banyak maka semua orang dapat memilikinya dan emas tidak akan memiliki nilai apapun). Emas juga bersifat lunak (emas dapat dicairkan dan dibentuk ke berbagai unit kecil seperti koin, dan yang lebih penting ketika Anda mengubah bentuknya menjadi unit-unit yang lebih kecil, ia tidak akan kehilangan nilainya - tidak seperti berlian). Emas juga stabli dan tidak mengalami degradasi, gampang dikenal dan susah ditiru (dibuat tiruan yang palsu).
Bitcoin memiliki semua karakteristik yang sama seperti emas. Jumlah Bitcoin terbatas (hanya ada jumlah tertentu yang akan diproduksi), Bitcoin dapat dipecah menjadi unit-unit lebih kecil tanpa kehilangan nilai unit tersebut (1 Bitcoin = 100,000,000 Satoshi - unit terkecil dari Bitcoin, sama seperti cents di Dollar atau pennies di Pounds, sehingga kita dapat membeli kurang dari satu Bitcoin), teknologi Bitcoin juga stabil dan tidak akan mengalami degradasi, juga tidak mungkin dapat dibuat Bitcoin palsu. Di samping itu, tidak seperti emas, Anda dapat memindahkan Bitcoin kemanapun di dunia dalam hitungan menit, terlepas dari jumlah Bitcoin tersebut. Itulah mengapa orang menyebut Bitcoin sebagai emas digital, namun emas digital yang lebih baik.
Bitcoin juga memiliki nilai sebagai sistem pembayaran. Semakin banyak orang menggunakan Bitcoin untuk pembayaran, semakin berharga pula sistem pembayaran ini. Membeli Bitcoin mirip seperti membeli saham Visa, lalu menggunakan saham tersebut untuk membeli soda di 7-11. Karena Anda membayar dengan saham Visa Anda, maka tempat penggunaan Visa semakin banyak, (sistem pembayaran) Visa semakin meluas dan semakin berharga, sehingga nilai saham Visa akan menjadi semakin berharga pula (termasuk nilai saham Visa Anda sendiri!).
Nilai Bitcoin berasal dari karakteristik mirip-emas tersebut, dan juga fungsinya sebagai sistem pembayaran seperti Visa.
  • BitCoin Sebagai Internet ?

Internet adalah kemajuan terbesar di sejarah manusia, yang telah mengubah cara hidup dan cara kerja masyarakat dunia. Banyak orang tidak menyadari bahwa internet yang kita kenal sekarang, mungkin tidak akan pernah ada karena sejumlah ‘rival ‘internet’ yang dibangun pada saat itu. Ada perusahaan tertentu yang ingin menghubungkan semua komputer di dunia untuk berbagi informasi, tapi dengan sistem mereka sendiri, sehingga orang harus membayar untuk mengakses ‘information superhighway’ mereka sendiri.
Internet modern berbeda, dan secara desain, adalah suatu sistem terbuka yang memungkinkan semua orang untuk menggunakannya sesuka hati, dan sistem tersebut tidak dimiliki oleh siapapun, jadi tidak ada gatekeeper. Hal ini mengarahkan pada sesuatu yang disebut ‘inovasi tanpa izin’ - semua orang dapat mencoba hal baru tanpa perlu meminta akses dari gatekeeper tertentu. Ini lalu membawa suatu ledakan inovasi dan adopsi ‘open’ internet, dan menjadi sesuatu yang sangat luas dan besar sekarang. Desain ini juga menandakan bahwa banyak bagian di internet bersifat ‘interoperable’ - artinya internet yang saya gunakan dapat terhubung dengan internet yang digunakan orang lain di negara lain. Hal ini mirip dengan penggunaan bahasa global yang digunakan di dunia. Orang Indonesia dan orang India akan sulit berkomunikasi, namun jika mereka berbicara dalam Bahasa Inggris, maka semua akan menjadi lebih mudah. Internet memungkinkan semua orang untuk berbicara dalam ‘satu bahasa global’.
Dengan kata lain, Bitcoin mirip seperti internet. Untuk seseorang, internet tidak dimiliki oleh siapapun, jadi siapapun dapat menggunakannya sesuka hati - tidak ada gatekeeper. Hal ini disebut juga ‘desentralisasi’. Bitcoin mendukung ‘inovasi tanpa izin’ yang memungkinkan banyak orang membangun perusahaan dan aplikasi di internet sehingga produk tersebut berkembang pesat. Yang terakhir, Bitcoin bersifat interoperable - artinya seperti email dan internet, Bitcoin saya dan Bitcoin Anda semua bekerja dalam satu sistem yang sama, Bitcoin adalah satu kas transaksi global, dan jika dilihat dari sudut pandang tertentu, Bitcoin adalah mata uang global pertama di dunia.
  • Bagaimana Cara Mendapatkan BitCoin ?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Bitcoin:
Seperti uang tradisional pada umumnya, Anda dapat mendapatkan Bitcoin dengan menjual barang dan jasa, dan meminta orang membayar Anda dalam Bitcoin. Biasanya, menerima Bitcoin lebih murah dan mudah daripada metode pembayaran lainnya, dan salah satu cara termudah untuk mendapatkan sedikit Bitcoin.
Cara lain adalah cara yang paling banyak digunakan orang untuk mendapatkan Bitcoin: membeli dari broker Bitcoin terpercaya atau penyedia layanan Exchange, seperti Luno. Cara ini mirip seperti ketika Anda membeli mata uang atau saham asing di bank secara online. Ini merupakan cara termudah untuk mendapatkan Bitcoin karena Anda dipastikan akan menemukan seseorang yang akan menjualkan Bitcoin mereka kepada Anda di platform tersebut.
Anda juga dapat memiliki Bitcoin dengan melakukan penambangan (mining), namun cara ini sangat sulit dilakukan orang biasa. Kebanyakan penambangan dilakukan oleh perusahaan besar dengan alat yang canggih dan sangat mahal, sehingga sulit bagi orang atau komputer biasa untuk bersaing dengan perusahaan tersebut. Jadi, jika Anda tidak memiliki keahlian khusus dan uang yang sangat banyak untuk dihabiskan, lebih baik Anda membeli atau mencari Bitcoin.


  • Bagaimana Cara Harga Bitcoin Ditentukan ?

Banyak orang penasaran bagaimana harga Bitcoin ditentukan. Pertama-tama, ketahuilah bahwa cara kerja pergerakan harga Bitcoin sama seperti mata uang atau objek lainnya. Mari kita ambil contoh bagaimana harga suatu objek ditentukan - kita bisa menggunakan jeruk sebagai perumpamaan. Berapa harga jeruk?
Jawabannya: tergantung. Poin pertama penentuan harga jeruk adalah dengan dua hal berikut: berapa harga yang diinginkan oleh orang yang menjualnya, dan berapa harga yang diinginkan oleh orang yang membelinya. Jika John ingin menjual jeruk dengan harga Rp 3.000,- dan Sarah hanya mau membayar Rp 2.000,- maka deal tidak terjadi. Namun jika mereka sepakat dengan harga tertentu, misalnya Rp 2.500,- maka transaksi terjadi. Pada musim panas, maka lebih banyak orang ingin membeli jeruk, sehingga harga jeruk naik. Atau jika ada banjir sehingga persediaan jeruk berkurang, namun banyak orang ingin membeli jeruk, maka harga juga akan naik.
Bitcoin dan mata uang lain sedikit berbeda dari jeruk karena mereka bersifat ‘homogen’ - satu dollar identik dengan dollar lainnya, seperti Bitcoin identik dengan Bitcoin lainnya. Jeruk, di sisi lain, dapat berbeda tergantung besar dan kualitasnya. Dengan kata lain, lebih gampang menentukan harga Bitcoin atau mata uang karena sifat identik tersebut.
Banyak orang tidak menyadari bahwa mata uang lainnya juga bekerja sama persis seperti Bitcoin - jika Anda sedang memegang koin atau uang kertas dalam mata uang lokal Anda di tangan Anda saat ini, pada saat yang bersamaan ada jutaan orang yang melakukan jual beli mata uang lokal Anda, jadi walaupun Anda merasa harga mata uang Anda stabil, sebenarnya harga tersebut berubah secara terus menerus. Jika Anda ingin menukarkan uang Anda ke mata uang lokal lain, misalkan untuk USD, hari ini mungkin Anda akan membayar dengan 10 lembar mata uang lokal Anda, namun pada hari berikutnya bisa saja menjadi 11 atau 9. Bitcoin bekerja sama persis seperti itu - Anda dapat membayangkannya seperti mata uang jenis lain dari apa yang Anda miliki sekarang.
  • Apakah BitCoin Dilakukan Oleh Kriminal ?
Banyak kesalahpahaman publik mengenai banyaknya penggunaan Bitcoin oleh para kriminal, namun pemikiran tersebut adalah pemikiran yang salah. Pemikiran ini disebabkan oleh banyaknya orang yang mengira bahwa Bitcoin bersifat anonymous, padahal sebenarnya Bitcoin sangat berlawanan dengan hal itu - semua transaksi Bitcoin transparan dan semua orang di dunia dapat melihat transaksi Bitcoin yang sedang berlangsung. Orang-orang mungkin tidak dapat menghubungkan identitas individu tertentu ke transaksi Bitcoin secara langsung (inilah mengapa kadang Bitcoin juga disebut pseudo anonymous), namun jika mereka menemukannya, maka mereka dapat melihat semua transaksi yang telah Anda lakukan di jaringan Bitcoin. Inilah mengapa Bitcoin adalah cara yang salah jika Anda menggunakannya untuk hal yang tidak benar.
Walaupun Bitcoin mungkin adalah cara paling aman dan bukan yang paling ‘buruk’ dalam menggunakan uang, bukan berarti tidak ada kriminal yang menggunakannya. Sama seperti uang normal, ada ‘orang jahat’ yang menggunakan Bitcoin. Namun ada dua hal penting yang harus dicatat - pertama, karena data semakin banyak tersedia di industri ini, maka semakin jelas jumlah dari kasus jahat, yaitu sangat, sangat kecil. Jika ekosistem Bitcoin diumpamakan sebagai satu gunung yang besar, maka ukuran bagian-bagian jahat tersebut hanyalah beberapa bongkah bebatuan. Kedua, di setiap sistem keuangan, ini adalah satu risiko yang tidak akan dapat dihilangkan dan hanya dapat dikurangi, dan Bitcoin memiliki alat-alat terbaik di dunia untuk hal tersebut.
Bitcoin bergerak paralel dengan internet dalam konteks segala ‘hal buruk’ yang disematkan orang-orang terhadap Bitcoin. Apakah internet sepenuhnya baik? Tentu tidak. Teroris, oknum pencuci uang, oknum penyelundup obat terlarang menggunakan Facebook, Twitter, dan Whatsapp untuk berkomunikasi dan berkoordinasi setiap harinya. Beberapa orang mungkin merasa cemas bahwa setidaknya 5-30% traffic online berkaitan dengan pornografi. Kita bahkan belum berbicara mengenai dark web, dimana semua hal buruk berada.
Namun terlepas dari semua isu tersebut, apakah masyarakat melakukan usaha konkrit untuk melarang internet? Tidak. Bukan karena mencabut dan melarang Bitcoin susah, namun karena internet menawarkan lebih banyak hal positif daripada hal negatif. Dengan alasan yang sama, kita harus lebih berhati-hati terhadap pola pikir kita terhadap Bitcoin, karena banyak bukti telah menunjukkan bahwa Bitcoin membawa banyak dampak positif, jika tidak lebih, dari internet. Internet dan Bitcoin hanyalah perangkat yang dapat digunakan oleh ‘orang jahat’ dan ‘orang baik’. Untungnya, dunia ini dipenuhi lebih banyak orang yang berada di kategori ‘orang baik’.
  • Apa Itu Penambangan BitCoin ( Mining BitCoin) ?

Penambangan Bitcoin (Bitcoin Mining) adalah salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita dapat melihat Bitcoin sebagai suatu sistem kas global yang besar yang menyimpan sejarah transaksi (atau ‘pergerakan uang’) dari satu orang ke orang lainnya. Ketika transaksi Bitcoin diproses di jaringan Bitcoin -- artinya Bitcoin sedang dipindah dari satu orang ke orang lainnya -- seseorang perlu memastikan bahwa semua transaksi telah direkam dengan benar dan sistem kas telah tersinkronisasi di seluruh dunia.
Dalam hal Bitcoin, proses ini bukan dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan, namun oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Komputer ini dikenal sebagai miners atau ‘penambang’. Secara sederhana, mereka adalah ‘komputer yang memproses transaksi’.
Untuk melakukan pemrosesan ini dengan cara yang aman, komputer-komputer perlu melakukan kalkulasi kompleks yang memakan usaha computing yang sangat besar, sehingga dibutuhkan juga energi yang besar serta alat-alat khusus yang canggih. Seseorang -- pemilik dari komputer-komputer ini -- perlu membayar untuk alat-alat dan listrik tersebut, jadi mereka harus mendapatkan kompensasi dari seluruh usaha dan uang yang mereka habiskan untuk mendukung jaringan ini. Mereka mendapatkan kompensasi melalui Bitcoin yang baru ditambang. Bitcoin baru yang ditambang bertindak sebagai penghargaan dan insentif untuk mereka yang berkontribusi untuk sistem yang mendukung proses transaksi.
Cara lain untuk mengerti hal ini adalah dengan membayangkan apa yang terjadi jika bank besar membangun sistem pemrosesan transaksi global terbesar di dunia: mereka akan menghabiskan milyaran dollar lalu mengenakan biaya transaksi kecil pada para pengguna untuk menutup biaya pembangunan sistem.
Dengan Bitcoin mining, biaya untuk sistem global ini dibagi ke ribuan komputer, dan mereka menutup biaya mereka dengan Bitcoin yang baru ditambang. Singkat cerita, ini adalah demokratisasi infrastruktur finansial.
  • Apa Itu Kunci Privat BitCoin ?

Transfer atau memindahkan Bitcoin memang sangat mudah, namun di layar belakang, pergerakan dan penyimpanan Bitcoin sebenarnya dilakukan dengan sesuatu yang disebut ‘private key’. Cara termudah untuk mengerti sepenuhnya hal ini, adalah dengan membayangkan sistem kotak pos tradisional:
Bayangkan jika Maria ingin mengirim surat ke Peter. Pertama-tama, ia perlu mengetahui alamat atau nomor pos Peter. Begitu juga sebaliknya, jika Maria ingin mengirimkan Bitcoin ke Peter, ia harus mengetahui alamat Bitcoin Peter, yaitu nomor yang secara khusus menandakan bahwa kotak pos tersebut milik Peter. Nomor ini disebut dengan alamat dompet (wallet address), atau kunci publik (public key). Nomor ini sangat panjang dan rumit karena banyaknya kotak pos Bitcoin di dunia, namun untungnya Anda tidak perlu menghafalnya, Anda dapat melihatnya di internet.
Jadi kini Maria mengirimkan Bitcoin ke kotak pos Peter. Mari misalkan nomor kotak pos Peter adalah 2034. Maria dapat melihat ke dalam kotak pos ini dan melihat Bitcoin di dalamnya, bahkan semua orang yang lewat dapat melihat kotak pos 2034 yang berisi satu Bitcoin. Ini adalah bagian menarik mengenai Bitcoin - dimana semua orang dapat melihat semua transaksi tanpa mengetahui identitas pemiliknya. Orang dapat melihat ada satu Bitcoin di 2034, namun tidak ada seorangpun, kecuali Maria dan Peter, yang mengetahui bahwa kotak pos tersebut adalah milik Peter.
Kini mari lihat bagaimana Peter mengambil Bitcoin tersebut - ia dapat melihatnya disana, jadi ia tidak perlu melakukan apapun. Namun jika ia ingin memindahkannya, ia perlu membuat kotak tersebut untuk mengirimkannya ke orang lain. Untuk membuka kotak pos ini ia memerlukan suatu kunci - dan ini adalah kunci unik milik dia pribadi, yang juga disebut dengan kunci privat. Hanya Peter yang dapat menggunakan kunci privat ini untuk membuka kotak pos miliknya. Ketika ia membukanya, ia dapat memindahkan Bitcoin tersebut dan meletakkannya ke kotak pos orang lain. Misalkan ia membeli game online di Microsoft, ia dapat memasukkan Bitcoin ke kotak milik Microsoft dan jika Microsoft melihat Bitcoin yang mereka terima, mereka akan mengirimkan game online tersebut ke Peter.
Jika Maria mengirimkan Bitcoin ke kotak pos yang salah, ia tidak bisa mengambilnya kembali. Ini sama seperti uang tunai - jika Anda telah membayarkan ke seseorang, Anda tidak dapat mengambilnya kembali dengan mudah. Tidak ada yang bisa memindahkan Bitcoin tersebut, kecuali Peter, yang memiliki kunci ke kotak pos itu. Jika Peter kehilangan kuncinya? Lalu tidak akan ada orang yang bisa mengakses kotak pos itu, selamanya! Peter harus memastikan bahwa tidak ada orang yang mencuri kuncinya, karena jika iya, orang tersebut bisa membuka kotak milik Peter dan mencuri Bitcoinnya. Jadi penting untuk menjaga kunci itu seaman mungkin, atau mempercayakan kunci tersebut ke orang yang dapat melakukannya.
  • Bagaimana Cara Mengunci Privat Saya Dengan Aman ?

Menyimpan Bitcoin Anda dengan aman adalah hal yang sangat penting. Tidak seperti uang jenis lain yang dikontrol oleh bank, Bitcoin memberikan Anda banyak opsi untuk menyimpan dan mengontrol uang Anda.
Ingat mengenai kunci privat yang Anda perlukan untuk memindahkan Bitcoin Anda? Kunci tersebut adalah kunci penyimpanan Bitcoin. Orang yang memiliki kunci itu adalah orang yang mengontrol Bitcoin itu. Kunci ini dapat berupa kunci dalam format digital atau fisik seperti tertulis di secarik kertas.
Bagaimana cara menyimpan kunci ini? Anda dapat menyimpannya di kantong celana Anda, namun hal tersebut tentunya tidak aman. Anda dapat memasukkannya ke brankas rumah Anda - yang jauh lebih aman. Namun seseorang bisa saja masuk ke rumah Anda dan mencurinya. Jika Anda ingin menggunakan Bitcoin Anda setiap hari, Anda memerlukan versi digital di ponsel Anda agar Anda dapat mengaksesnya lebih mudah. Satu-satunya masalah adalah jika Anda kehilangan ponsel Anda, maka Anda kehilangan kunci Anda, sehingga tidak akan ada cara untuk mendapatkan Bitcoin Anda kembali.
Itulah mengapa perusahaan seperti Luno didirikan - bukan hanya untuk memudahkan Anda membeli, menjual, dan menggunakan Bitcoin, namun untuk menjaganya dengan aman. Kami melakukan ini dengan menyimpan kunci privat Anda di suatu brankas besi bank dengan akses seperti sidik jari dan scan retina. Bukan hanya satu brankas besi, namun berbagai brankas besi di banyak benua. Dan kami membangun ini dengan sistem bahwa jika seseorang ingin mengaksesnya, Anda membutuhkan kunci-kunci dari berbagai brankas besi dan menggabungkan mereka untuk bisa mengambil Bitcoin -- sama seperti di film lama, ketika kapal selam nuklir perlu tiga sampai lima ‘kode peluncuran’ dari beberapa jenderal sebelum meluncurkan senjata nuklir. Hal ini disebut juga dengan ‘multisig’ (multiple signatures required).
Cara ini adalah cara aman untuk menyimpan Bitcoin, namun Anda perlu mempercayai orang yang menyimpan kunci ini. Ada banyak perusahaan terkemuka seperti Luno yang dapat Anda andalkan, namun banyak juga yang tidak menyimpan Bitcoin Anda dengan baik, atau berpura-pura menyimpan lalu menyalahgunakan Bitcoin Anda. Tidak seperti uang konvensional, Anda memiliki banyak pilihan dalam menyimpan Bitcoin - Anda dapat menyimpannya sendiri, di format digital atau fisik, atau Anda dapat mempercayakan orang lain untuk menjaganya untuk Anda (atau kombinasi dari beberapa opsi ini).
Cara Bitcoin disimpan merupakan salah satu ironi terbesar Bitcoin - mata uang digital global terbesar di dunia yang didisain untuk digunakan secara online, sebagian besar disimpan ‘offline’ di brankas bank dan terlepas dari internet. Siapa sangka!
  • Bagaimana Cara Menyimpan BitCoin Dengan Aman ?

Mengenali penipuan akan mengurangi risiko
Penipu selalu mencari cara menghindari penegakan hukum dan peraturan yang ada. Mereka memanfaatkan adanya inovasi teknologi dan mengambil keuntungan dari orang-orang yang masih belum sepenuhnya mengerti tentang teknologi tertentu. Oleh karena itu, seperti halnya teknologi baru, ada risiko yang terkait dengan mata uang digital. Kami ingin Anda memahami risikonya dan memastikan bahwa Anda melakukan cara-cara untuk melindungi diri dan uang Anda.
Serangan phishing
Jika Anda memiliki mata uang digital, Anda akan menjadi target menarik untuk para penjahat siber. Luno akan menjaga Bitcoin Anda dengan aman. Tapi hanya Anda sendiri yang dapat memastikan keamanan password Anda.
‘Phishing’ adalah serangan dimana kriminal menggunakan situs palsu yang ‘terlihat asli’ untuk memperdaya Anda sehingga Anda memasukkan rincian login termasuk password Anda. Mereka lalu menggunakan password Anda untuk mengakses akun Anda.

Jenis serangan phishing

  • Phishing melalui situs. Penipu membuat situs palsu untuk memancing Anda memasukkan rincian log in Anda. Tetap waspada dan jangan klik iklan Google palsu. Sebelum memasukkan rincian cek alamat website dengan hati-hati untuk memastikan Anda berada di URL yang benar.
  • Phishing melalui email. Penipu akan mengirimkan email yang tampak asli dan terpercaya dalam upaya meyakinkan Anda untuk memberikan rincian login Anda. Periksa email pengirim dan pastikan Anda diarahkan ke situs URL yang asli dan benar.
  • Spearphishing. Penipu mencoba mendapatkan informasi tentang individu tertentu. Jika mereka tahu Anda memiliki mata uang digital, penipu bisa berpura-pura menjadi karyawan perusahaan mata uang digital tersebut lalu menghubungi Anda melalui telepon atau email.
Anda mungkin berpikir Anda akan dengan mudah mengenali jebakan ini dan menghindarinya. Tapi tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda 100% yakin terhadap setiap tautan yang pernah Anda klik? Apakah Anda berani mempertaruhkan semua Bitcoin atau Ethereum Anda?

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dengan aman.

  • Selalu pastikan alamat situs yang Anda kunjungi adalah benar dan bukan situs palsu
  • Gunakan otentikasi dua faktor di seluruh dompet Bitcoin dan alamat email Anda
  • Gunakan program password manager
  • Jika Anda menggunakan akun Gmail, lakukan pemeriksaan keamanan

Penipuan investasi

Karena teknologi mata uang digital masih relatif baru, muncul penipuan berkedok investasi yang berusaha mencuri uang Anda. Anda dapat mengenali berbagai bentuk penipuan berkedok investasi mata uang digital jika Anda telah terbiasa.

Penipuan cloud mining

99% dari operasional cloud mining selalu mencurigakan. Penambang Bitcoin yang sah akan memberi tahu Anda bahwa margin keuntungan pada pertambangan sangatlah kecil. Tidak ada orang di luar sana yang menambang Bitcoin dan dapat menghasilkan 10%, 20%, 30% per bulan seperti yang dijanjikan penipuan jenis ini. Hindari hal ini apapun yang terjadi.

Penipuan multi-level marketing

Jika perusahaan mempromosikan program referral mereka jauh lebih agresif daripada produk sebenarnya, kemungkinan besar perusahaan tersebut adalah scam. Biasanya, mereka membayar investor lama menggunakan deposit investor baru hingga pada akhirnya mereka akan menghilang dan kabur dengan uang Anda, dan hanya pada saat itu para korban menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak tahu kepada siapa mereka mengirim uang mereka.

“Pengganda" Bitcoin, atau program investasi dengan untung besar (skema Ponzi)

Penipuan jenis ini meyakinkan Anda bahwa mereka telah menemukan metode khusus atau rahasia untuk menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Baik itu perdagangan atas nama Anda, atau aspek-aspek teknis mata uang digital. Namun pada kenyataannya, mereka belum menemukan apa-apa - bahkan jika mereka telah melakukan rahasia besar yang menguntungkan, mereka tidak membutuhkan investasi Anda, bukan? Orang-orang ini sangat terampil menipu Anda. Berhati-hatilah.

Cara mengenali penipuan

Ketahui secara mendalam sebelum berinvestasi pada apapun. Jika keuntungan yang dijanjikan terdengar terlalu indah untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar itu hanyalah ilusi/penipuan. Cek juga Bad List di badbitcoin.org. Jika perusahaan investasi Anda ada di sini, artinya mereka adalah penipu.

Pasar fluktuatif

Meskipun hal ini tidak terkait dengan aktivitas kriminal, penting untuk diperhatikan bahwa Bitcoin dan mata uang digital lainnya bersifat sangat fluktuatif. Fluktuasi harga dapat saja berpotensi merugikan, sehingga penting bagi Anda untuk mempertaruhkan jumlah uang yang terlalu tinggi (lebih dari apa yang Anda mampu relakan). Baca artikel blog kami mengenai dollar cost averaging dan gejolak pasar untuk informasi lebih lanjut.
Ingatlah bahwa selama pergerakan pasar yang fluktuatif, informasi yang keliru dapat menyebar di portal berita, dan perusahaan mata uang digital mungkin mengalami gangguan layanan karena tingginya permintaan. Anda mungkin saja tidak selalu dapat menjual mata uang digital Anda kapanpun Anda mau.
  • Apa Risiko BitCoin ?

Bitcoin adalah teknologi menarik dan bentuk uang baru, namun hal ini tidak berarti Bitcoin terlepas dari risiko. Perlu diingat bahwa ada beberapa aturan yang sama di Bitcoin seperti uang tradisional. Contohnya, jangan menyimpan uang tunai Anda di bawah bantal karena mudah dicuri, atau jangan mempercayakan uang Anda ke orang asing.
Bitcoin juga memiliki risiko unik lainnya: untuk satu orang, Bitcoin adalah teknologi baru, dan walaupun terlihat sangat aman dan solid, selalu ada kemungkinan terjadinya kegagalan. Itu juga mengapa Anda tidak pernah boleh memasukkan ‘semua telur Anda di satu keranjang’ dan jangan pernah membeli Bitcoin dengan seluruh harta Anda. Bitcoin bersifat lebih volatil (nilai Bitcoin bisa naik dan turun dalam tempat atau waktu yang pendek) dibandingkan mata uang lainnya, dan walaupun sekarang nilai Bitcoin lebih stabil, Bitcoin pasti akan mengalami banyak momen-momen volatil di masa yang akan datang.
Ingat bahwa transaksi Bitcoin mirip seperti uang tunai dimana transaksi tidak dapat dibatalkan - jadi jika Anda mengirimkan Bitcoin ke orang yang salah, atau dompet Bitcoin Anda diretas dan seseorang mencuri Bitcoin Anda, sangat sulit dan bahkan tidak mungkin untuk mengambilnya kembali. Bitcoin juga tidak dilindungi oleh entitas apapun, sehingga jika Anda kehilangan Bitcoin Anda, maka penyedia layanan atau ‘jaringan Bitcoin’ tidak dapat mengganti kerugian Anda. Itulah mengapa Anda harus menggunakan produk dan penyedia layanan yang terpercaya untuk membantu Anda, sama seperti ketika Anda memilih bank untuk menjaga uang Anda dengan aman.
Terakhir, nilai Bitcoin ditentukan oleh sejumlah orang atau bisnis yang menerima Bitcoin. Jika Bitcoin berkembang, hal ini akan sangat baik untuk Bitcoin, namun jika semakin sedikit orang menggunakan Bitcoin, maka hal ini akan memberikan dampak negatif pada harga dan penggunaan Bitcoin itu sendiri.
Kesimpulannya, Bitcoin adalah suatu potensi besar yang sangat menarik dalam mengubah dunia, namun pastikan Anda mengerti risiko yang ada seiring dengan itu.

Demikian Penjelasan Mengenai BitCoin, semoga Artikelnya dapat bermanfaat bagi temen-temen semuanya.

Ini Alamat Situs Nambang BitCoinnya Temen-temen : Super Mining

0 Response to "Bitcoin Miner Gratis Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel