Tips Untuk menjaga tubuh tetap fit di bulan Ramadan

Untuk menjaga tubuh tetap fit di bulan Ramadan salah satunya dengan berolahraga. Namun, jenis dan jadwal olahraga harus disesuaikan dengan pola makan yang berubah.

Agar tubuh bisa beradaptasi lebih dulu dengan pola makan yang baru, mulailah berolahraga seminggu setelah berpuasa. Ketika akan berolahraga, hindari pula kebiasaan tidak bersantap sahur karena sepanjang hari tubuh hanya mendapat energi dari makanan sahur.
Buat yang bingung memilih olahraga yang cocok, bisa mencoba yang berikut ini.
#Yoga
Yoga termasuk olahraga yang ringan dan tidak terlalu menguras tenaga, cocok dilakukan di siang hari kala berpuasa ataupun setelah berbuka puasa. Pilih gerakan yoga bertempo lebih lambat atau pelajari ulang gerakan yoga dasar untuk menyempurnakan kembali pose yoga. Jangan lupa, latih pernapasan agar tubuh tetap fokus menjalani aktivitas ketika energi tubuh dan gula darah menurun karena tidak makan dan minum.

#Olahraga permainan
Olahraga permainan seperti sepak bola, basket, maupun bulu tangkis bisa jadi pilihan, selain seru juga membuat tubuh menjadi bugar. Karena tergolong olahraga yang berat, sebaiknya dilakukan beberapa jam sebelum berbuka puasa. Fokuskan pada sisi permainan dibanding kompetisi supaya Anda tidak justru meningkatkan intensitas dan kuantitas berolahraga di bulan puasa.

#Pilates
Tak jauh berbeda dengan yoga, pilates tidak akan meningkatkan detak jantung atau suhu tubuh secara drastis. Anda tak akan cepat merasa dehidrasi. Manfaat lain, pilates ampuh meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Pilates bisa dilakukan pada jam berpuasa atau setelah berbuka puasa setelah tubuh mendapat cadangan energi. Lakukan pilates beberapa kali dalam seminggu sesuai kemampuan tubuh.

#Bersepeda
Olahraga ini cocok dilakukan ketika ngabuburit atau sebelum bersantap sahur karena setelahnya Anda bisa minum untuk mencegah dehidrasi. Luangkan waktu 30-60 menit untuk bersepeda. Anda bisa bersepeda di luar ruangan saat ngabuburit atau bersepeda di dalam ruangan dengan bantuan alat indoor trainersebelum waktu sahur tiba. Segera hentikan aktivitas bersepeda jika merasa tubuh semakin lemas atau terasa sakit kepala.


0 Response to "Tips Untuk menjaga tubuh tetap fit di bulan Ramadan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel