Mualim Robot Cerdas MUI


Gak mau ketinggalan, MUI Juga punya Robot Cerdas.
Semoga dengan adanya Robot Cerdas tersebut memberikan manfaat untuk kita smua.
Majelis Ulama Indonesia atau MUI tak mau ketinggalan tren teknologi. Lembaga ulama nasional itu sudah memiliki robot kecerdasan buatan untuk percakapan atau chatbot. Namanya Mualim. Hadirnya chatbot Mualim diharapkan mempermudah pengguna internet untuk bertanya seputar Islam kepada MUI. 
Chatbot Mualim merupakan kerja sama MUI dengan platform pembuat chatbot instan, Eva.id. Chatbot ini juga membuat jangkauan MUI bisa meluas ke warga pengguna internet di Indonesia. 
"Ide menghadirkan chatbot Mualim itu supaya MUI lebih dekat dengan umat. Makin mudah untuk mencari informasi," ujar Pendiri Eva.id, Wira Pradana kepada VIVA, awal pekan ini. 
Dia mengatakan, platformnya tidak mengambil profit dengan menciptakan chatbot untuk MUI. Wira mengatakan pembuatan chatbot untuk MUI itu merupakan gerakan sosial saja agar lembaga ulama itu lebih fleksibel dengan umat. 
Wira mengatakan, chatbot Mualim sudah termasuk populer. Sebab per harinya sudah ribuan percakapan tanya jawab yang dihasilkan Mualim.
 "Hitungnya itu per tanya jawab, per chatbot-nya jawab ke pengguna. Itu dihitung satu percakapan," jelasnya. 
Bicara soal kemampuan chatbotMualim, Wira menuturkan banyak hal yang bisa dilakukan chatbotini. Berikut kemampuan chatbotMualim: 
1. Informasi fatwa, taushiyah, rekomendasi, dan berita MUI
2. Informasi fatwa dan opini Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI terkait keuangan dan bisnis syariah
3. Cek nomor sertifikat produk halal
4. Cek kehalalan merek produk
5. Mau daftar sertifikasi halal
6. Belanja produk halal
7. Cek jadwal salat
8. Cari Alquran
9. Cari Hadist
10. Cek masjid terdekat
Bagi warganet yang ingin bercengkerama dengan robot percakapan Mualim, bisa langsung mengakses di Telegram dengan username @Majelisulamabot. Chatbot ini hadir juga di Facebook Messenger, Line dan website MUI.

0 Response to "Mualim Robot Cerdas MUI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel