Borobudur Terdampak Abu Merapi Pengelola Wisata Siapkan Strategi

Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan sejumlah alternative menyusul dampak abu erupsi Gunung Merapi pada 21-24 Mei 2018 yang juga sempat menjangkau wilayah destinasi wisata favorit turis, yakni Candi Borobudur.


“Bagaimanapun Borobudur masih menjadi highlight destinasi wisata utama bagi wisatawan manca,” ujar Ketua ASITA DIY Udhi Sudiyanto kepada wartawan 26 Mei 2018.
Udhi menuturkan, mengantisipasi jika kondisi Merapi belum juga normal dan Borobudur tak memungkinkan dikunjungi, pihak ASITA DIY pun menyiapkan sejumlah destinasi alternative yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan agar tak kecele.
Alternatif itu seperti Candi Prambanan, Plaosan, Candi Ceto, dan Candi Sukuh.
“Kami berikan informasi terus pada wisatawan manca beserta dokumen serta foto yang up to date kondisi di Yogya dan fasilitas yang ada,” ujar Udhi.
Pemberian informasi terkait erupsi Merapi itu penting agar wisatawan tak sampai berpikiran bahwa karena erupsi seluruh wilayah Yogya terdampak abu. Padahal abu mungkin hanya sekitar 3 sampai 5 kilometer dari puncak.  
“Kemarin memang Borobudur sempat kena abu namun kan kunjungan tetap bisa dilakukan meskipun tidak sampai di lantai atas, jadi informasi seperti itu penting bagi wisatawan,” ujarnya.
Sejauh ini para wisatawan manca pun memahami terkait erupsi Merapi sebagai factor alam.
ASITA pun menuturkan, demi kenyamanan dan kepuasan wisatawan pihaknya juga memodifikasi paket-paket wisata agar tetap menarik.
Misalnya karena kunjungan Borobudur yang terkena abu tak bisa maksimal yang biasanya dihabiskan selama kurang lebih dua jam namun hanya satu jam, pihaknya akan mengganti sisa waktu itu dengan pilihan lain seperti menyambangi candi lain.
“Sejauh ini wisatawan yang kami tangani tak masalah, mereka tak complain meskipun kemarin sempat tak bisa kunjungi Borobudur secara maksimal karena belum bisa naik ke atas,” ujarnya.
Udhi menambahkan, sebagian pengunjung wisata justru ada yang merasa beruntung karena di sela kunjungan Borobudur bisa menyaksikan siklus fenomena erupsi Merapi itu.

0 Response to "Borobudur Terdampak Abu Merapi Pengelola Wisata Siapkan Strategi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel