7 Tips Manfaatkan Ponsel Pintar untuk Menjaga Kesehatan

Kemajuan zaman saat ini membuat teknologi berkembang sangat canggih. Berbagai kemajuan teknologi yang ada dapat kita nikmati melalui ponsel pintar yang biasa digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Penggunaan ponsel pintar tak hanya dapat mempermudah komunikasi, melainkan membantu pengguna dalam berbagai aspek. Salah satunya membantu pengguna untuk menjaga kesehatan. Bagaimana caranya? Simak 7 cara mudah memanfaatkan ponsel pintar untuk kesehatan:
1. Pasang aplikasi pelacak kebugaran untuk menemani lari pagi
Olahraga termurah yang bisa kamu lakukan adalah lari pagi. Selagi berlari pagi, pastikan kamu menggunakan aplikasi pelacak kebugaran dalam ponsel pintar kamu. Saat ini banyak penyedia layanan aplikasi pelacak kebugaran yang bisa Kamu dapatkan di ponsel pintar kamu melalui PlayStore atau AppStore.
Aplikasi khusus lari ini berfungsi sebagai pencatat aktivitas pengguna, mulai dari menghitung langkah, jarak, memantau rute dan kecepatan, serta menghitung jumlah kalori yang terbakar.
2. Ikuti tutorial olahraga dari aplikasi untuk latihan di rumah
Selain lari, olahraga yang dapat kamu lakukan tanpa harus ke pusat kebugaran adalah senam, zumba, ataupun yoga. Meskipun demikian, kamu harus melakukan gerakan-gerakan tersebut secara benar agar mendapatkan hasil yang baik dan terhindar dari cedera.
Tanpa harus membayar pelatih khusus, kamu bisa mendapatkan tutorial senam, zumba, atau yoga, langsung melalui ponsel pintar. Caranya, unduh aplikasi kebugaran di PlayStore atau AppStore, lalu mulailah rutin mengikuti tutorial yang tersedia.
Pilih aplikasi yang menyediakan petunjuk lengkap dan mudah dimengerti. Ada pula beberapa diantaranya yang langsung menyediakan video tutorial dan terhubung langsung ke YouTube.
3. Gunakan aplikasi pengingat minum air putih
Air putih memiliki peran sangat penting untuk kesehatan. Namun sayangnya, orang kerap lupa meminum air putih dalam jumlah yang cukup karena terlalu sibuk dengan aktivitasnya ataupun lebih memilih minuman manis dan bersoda untuk dikonsumsi.
Untuk menghindari kekurangan air putih, kamu bisa memasang aplikasi pengingat minum di ponsel pintar. Aplikasi ini akan menghitung jumlah asupan air yang ideal, menyesuaikan pada kondisi tubuh kamu.
Menariknya, aplikasi tersebut juga dilengkapi alarm yang dalam beberapa waktu sekali akan berbunyi untuk mengingatkan kamu minum air putih.
4. Bayar asuransi kesehatan melalui online
Asuransi kesehatan merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang. Di Indonesia sendiri, pemerintah telah menetapkan BPJS sebagai jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Untuk dapat terus menggunakan layanan BPJS, kamu harus rutin membayar iuran setiap bulan.
Kini pembayaran BPJS dapat dilakukan dengan mudah melalui ponsel pintar kamu. Melalui berbagai aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran BPJS, kamu dapat membayar iuran BPJS dengan cepat, mudah, dan aman. Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah pembayaran tagihan BPJS Kesehatan dari situs Traveloka, selain praktis biasanya ada promo yang bisa kamu gunakan saat pembayaran, menarik bukan?
5. Aktifkan aplikasi pencatat kalori untuk menjaga asupan gizi
Untuk yang sedang melakukan program diet, aplikasi pencatat kalori perlu ada dalam ponsel pintar kamu. Dengan aplikasi tersebut, ponsel pintar dapat berperan sebagai ahli nutrisi pribadi. Aplikasi ini dapat mencatat kalori makanan, menghitung jumlah kalori yang kamu butuhkan, hingga mengingatkan waktu makan.
Bahkan beberapa aplikasi pencatat kalori juga secara lengkap memberikan resep makanan sehat, rekomendasi restoran sehat, hingga rekomendasi porsi makanan yang pas untuk kamu konsumsi. Jadi, diet kamu akan lebih terkontrol.
6. Isi waktu luang dengan permainan asah otak
Bagi penggila game, kamu pun dapat menggunakan ponsel pintar untuk bermain permainan yang menyehatkan. Caranya adalah dengan memilih permainan yang mengasah otak, seperti permainan kata, tebak gambar, puzzle, dan permainan uji memori.
Saat memainkannya, pastikan kamu dalam posisi duduk yang baik dan mendapatkan cukup cahaya. Hal ini untuk mengantisipasi agar penglihatan kamu tidak terganggu.
7. Putar lagu relaksasi dari ponsel untuk menemani tidur
Ponsel pintar juga dapat membantu menambah kualitas tidur. Caranya adalah dengan memutar lagu-lagu relaksasi dari ponsel selama kamu tidur, bisa dari pemutar musik online atau menggunakan aplikasi khusus.
Putar lagu yang lembut dan pastikan volumenya tidak kencang. Dengan begini, gelombang otak akan lebih tenang dan tidur kamu akan menjadi lebih nyenyak. Keesokan paginya, kamu pun bisa bangun lebih segar.
Itulah 7 cara memanfaatkan ponsel pintar untuk menjaga kesehatan. Agar kegunaannya maksimal, kamu bisa mulai dengan menggunakannya secara rutin. Melalui ponsel pintar kini kamu bisa menjaga kesehatan dan membayar asuransi kesehatan lebih mudah. Jadi, tidak perlu lagi beranggapan ‘ponsel merusak kesehatan’!

0 Response to "7 Tips Manfaatkan Ponsel Pintar untuk Menjaga Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel